Tips Mudah Dan Cara Mencegah Kista Sedini Mungkin

Kista adalah penyakit yang biasa di sebut dengan penyakit silent killer. Karena penyakit ini dapat membunuh dengan gejala yang tidak dapat di deteksi.Namun cara mencegah kista ini bisa dilakukan sedini mungkin dengan beberapa hal. Lain dengan kanker serviks yang dapat terdeteksi gejalanya dan pencegahanya dapat dilakukan dengan papsmear atau dengan check up kesehatan. Memang jenis kista ovarium sangat sulit untuk di deteksi. Cara untuk mendeteksi penyakit ini biasanya dengan menggunakan CTSCAN, USG, pemeriksaan anatomi dan juga dengan laporaskopi. Laporaskopi adalah beberapa cara yang dilakukan untuk mendeteksi adanya kista. Namun tak jarang juga untuk mengetahui penyakit kista ini dengan melakukan pembedahan.

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas bahwa penyakit kista ini sulit sekali untuk diketahui dan dideteksi, serta memiliki tingkat bahaya yang begitu besar, makan cara yang terbaik untuk menghindari akan timbulnya penyakit ini adalah kita harus lebih waspada dengan melakukan pencegahan-pencegahan seperti :
  1. Menguranggi makanan yang memiliki kadar lemak tinggi
Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak tinggi merupakan cara mencegah kista yang terbaik. Lemak tinggi dapat menyebabkan meningkatnya hormone cotisol dan gangguan pada hormone yang bisa menyebabkan orang menjadi stress.
  1. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan
Dengan memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan akan dapat meningkatkan stamina tubuh. Karena buah dan sayuran memiliki kandungan vitamin, mineral dan juga serat yang tinggi yang mampu untuk menetralisir bahan-bahan kimia yang masuk kedalam tubuh melalui makanan yang kurang sehat.
  1. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung zat antioksi dan yang cukup
Memakan makanan yang mengandung banyak zat antioksidan yang cukup, akan dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh kita yang dihasilkan dari polusi, debu dan berbagai bahan kimia yang terkonsumsi.
  1. Dengan menjaga pola hidup yang sehat
Menjaga pola hidup sehat juga merupakan cara mencegah kista yang bisa dilakukan. menjaga pola hidup sehat bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan budayakan olahraga.
  1. Adanya riwayat kista
Hal yang tidak bisa kita hindari dari penyakit kista adalah bila kita memiliki keturunan atau keluarga yang pernah mengalami penyakit kista. Akan tetapi dengan berpola sehat seperti diatas akan lebih sedikit terkena resiko kista.
  1. Melakukan pemeriksaan medis
Dengan melakukan pemeriksaan medis sejak dini dengan pemeriksaan klinis genekologik, atau dengan alat canggih crystal X. Untuk dapat melihat apakah ada gejala yang mungkin akan terjadi pada ovarium tentang adanya kista.
  1. Gunakan pil kb
Penggunaan alat kontrasepsi atau pil kb ternyata juga dapat membantu menetralisir akan adanya kista pada ovarium karena pil kb tersebut mampu mencegah produksi sel telur.

Selain dari beberapa pencegahan di atas, cara mencegah kista juga bisa dilakukan dengan seperti membersihkan daerah kewanitaan dengan seksama agar selalu terjaga kelembabannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Mudah Dan Cara Mencegah Kista Sedini Mungkin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel